jump to navigation

50 Jurus Rahasia Excel by Abimono August 11, 2009

Posted by excelux in Tutorials, Tips & Tricks.
Tags: , , ,
trackback
Assalamualaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuhu
50 Jurus Rahasia Excel

50 Jurus Rahasia Excel

Buku ini adalah buku Excel yang luar biasa dan ditulis oleh orang yang luar biasa pula. Setelah sekian lama belajar Excel, ternyata Excel The Master malah orang Indonesia ya Mas Abimono yang nulis buku ini.

Mas Abimono ini yang punya group XL-mania di yahoo dan website http://www.xl-mania.com yang isinya yahuuud abissss. Tag line aja udah keren “Malu Bertanya Kerja Manual!”. Mantab kan…

Saya sih barusan tahu soalnya saya ndak menduga bahwa ternyata komunitas Excel terbesar malah di Indonesia ya XL-mania tadi.

Di buku ini dikupas jurus-jurus ampuh yang ndak bakal kita jumpai di buku Excel lainnya, bahkan di help Excel juga kayanya ga ada. Jadi memang buku ini kayanya lebih tepat untuk kalangan intermediate paling ga, pokoknya yang udah familiar sama Excel.

Untuk yang masih beginner buku ini sangat berguna untuk memotivasi bahwa kemampuan Excel ini luarrrr biasaaaaaa. Jadi biar semangat untuk mempelajarinya lagi.

Bagi saya sendiri yang paling mencengangkan adalah penggunaan fungsi Array yang ternyata bisa sampai segitunya keren. Kita bisa lookup dengan beberapa kriteria, bisa sumif dengan beberapa kriteria, padahal sebelumnya saya tahunya sumif yang cuma satu kriteria. Dan kalo anda bisa memahami ini anda bisa menerapkan fungsi Array ini ke rumus-rumus lainnya seperti average atau count dengan berbagai kriteria. Kerennnn abisssss.

Yang kedua paling mencengangkan adalah penggunaan kombinasi berbagai fungsinya sangat kereeeennnn, pekerjaan yang sebelumnya saya kira hanya bisa pake macro ternyata bisa dengan fungsi.

Fungsi dengan menggunakan define name juga keren abis, kita dengan fungsi tersebut bisa menentukan warna font, warna cells, jenis font, nama user, dst. Sekali lagi tanpa macro.

Yang terakhir mau saya keren-kerenin yaitu fungsi gambarnya, kita bisa melink cells dengan gambar, bisa lookup gambar, kalo saya ketik angka satu gambarnya lain, kalo dua lain lagi dst. Ilmu yang terkahir ini kayanya akan masuk ke program EduGame saya berikutnya Insyaallah.

Dan banyak lagi kekerenan-kekerenan yang lain, jadi buat yang suka Excel, this is a must have book. Tapi silahkan mupeng soalnya buku terakhir di Gramed Matraman sudah saya beli he… he… Dan buku terakhir dari percetakan juga udah saya beli dari salah satu anggota milis XL-mania buat hadiah, so selamat mupeng he….he….

Comments»

1. abimono - August 28, 2009

hai… thanx buat beli bukunya🙂

excelux - August 28, 2009

Sama-sama master, terima kasih atas kunjungannya, terima kasih juga atas tulisannya baik di buku maupun di internet sangat bermanfaat buat saya. Bahkan saya beli dua loh satu buat hadiah ke temen. Dan lucunya dua-duanya buku terakhir.

Embot Sayang Hanung - March 3, 2014

Gan, aku pengen banget punya buku ini, saat ini masih bisakah?
Thx jawabannya

2. abimono - February 5, 2011

Akhirnya terbit juga… buku kedua XL-mania! Saat buku lain mengajarkan cara membuat chart 3D dengan Microsoft Excel, buku ini melarangnya! Sebuah buku kontroversial dan unik, gabungan antara buku komputer dan buku aplikasi bisnis.

Informasi selengkapnya ada di website XL-mania

Bukunya premium, full color, dan yang penting isinya… unik, edukatif, dan menarik.

Untuk siapa saja yang ingin belajar membuat chart, atau pernah membuat chart tapi ragu apakah chartnya sudah baik, buku ini cocok sekali sebagai referensi dan petunjuk latihan.

Kalau suka, silahkan dibeli di toko buku terdekat / bisa langsung pesan dari webnya

excelux - February 8, 2011

Wah mantebbbb, harus segera ke TKP nih biar ga kehabisan…

3. abimono - February 20, 2011

jangan lupa bikin reviewnya ya😀😀😀

4. Wawan Djokja - March 19, 2011

Susah bener cari bukunya, yaa…
Ada info dimana bisa dapetin buku ini..?

excelux - March 20, 2011

Iya memang susah Pak. Coba hubungi penulisnya langsung di xl-mania.com, kayanya di comment atas itu ada beliau.

5. Rif - June 2, 2011

puter” di gramedia..searching di databasenya gramedia..dan tanya” ke yg jaganya..gag ada tu buku..jadi binung..:(


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: