jump to navigation

Mengunci Formula (Klik F4 aja) January 17, 2010

Posted by excelux in Tutorials, Tips & Tricks.
Tags: , , , ,
trackback

akhmadguntar.com

Sebagai pengguna rutin excel, kemampuan mengunci formula merupakan salah satu hal yang wajib bisa. Dengan menguasai penguncian ini maka anda bisa dengan maksimal menggunakan formula excel sefleksibel mungkin tanpa susah payah. Untuk mengunci formula (tepatnya sih mengunci lokasi dalam formula) yang diperlukan adalah $ (String). Oh ya sebelum memulai tutorial ini saya ingin menginformasikan bahwa jika anda ingin mengunci formula anda tidak perlu mengetik manual tanda $ tersebut anda cukup meletakkan cursor diformula yang ingin anda kunci kemudian klik F4, anda bisa mengklik beberapa kali sesuai dengan jenis kuncian yang anda inginkan (karena penulis sering melihat banyak yang sudah menguasai teknik penguncian formula ini tapi melakukannya dengan manual menulis tanda $).

Penjelasan String ($) dimulai dengan penjelasan tentang mekanisme Copy – Paste pada sebuah formula. Ketika anda membuat formula di cell A3 dengan rumus “=A1*A2” lalu anda copy ke cell misalnya C4 maka formulanya akan menjadi “=C2*C3”. Lihat gambar 1.

String ($) digunakan bila anda ingin mengunci supaya cell dalam formula tidak ikut bergerak ketika anda Copy dan Paste. Jika String ($) diletakkan di depan huruf maka akan mengunci supaya tidak bergerak ke kiri atau ke kanan tapi bila diletakan di depan angka maka akan mengunci supaya tidak bergerak ke atas atau bawah tetapi masih bisa bergerak ke kanan atau ke kiri. Untuk mengunci supaya tidak bergerak kemanapun ketika diCopy Paste maka tulis String ($) di depan huruf maupun angka. Lihat Gambar 2.

Dalam gambar2 tersebut jika anda tidak memberi tanda String ($) maka yang terjadi adalah seperti gambar di atas yang tentu saja salah karena harganya ikut bergerak sehingga penjualan tahun ke tiga menjadi 0. Supaya hal ini tidak terjadi bisa ditambahkan String ($) di depan huruf pada cell yang berwarna biru (B1) karena kita tidak ingin cell yang berwarna biru (B1) geser ke kanan. Sehingga hasilnya bisa dilihat di gambar3.

Terlihat untuk formula cell B1nya tetap karena sudah diberi tanda String ($). Sebagai catatan untuk memberi tanda String ($) tidak perlu diketik secara manual tapi cukup arahkan pointer di tulisan B1 lalu klik F4.

kunci formula

Untuk download file penjelasan dan latihan excelnya klik link di bawah ini:

http://www.mediafire.com/file/fkz2z3dqhy5/PTI Excel1.xls

Sebenarnya di dalam file ada satu materi tambahan yaitu data table, insyaallah akan dijelaskan pada posting selanjutnya.

Recommended Posts
Cara Membuka File Excel 2007 (.xlsx) di Excel 2003
Edu-Game Keyboard Huruf Hijaiyah
Shortcut Keyboard untuk Excel
Mencari Rata-rata Tanpa Mengikutkan Angka 0 (atau Error)
Copy Sheet ke File Lain
Program Analisis Laporan Keuangan

<b>Recommended Posts</b>

Comments»

1. athar - July 6, 2012

infonya bermanfaat, semoga info-info lainnya bertambah lagi sehingga ilmu yang didapat juga bertambah!!! thanks bwt infonya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: