jump to navigation

Tips Membuat Data Berulang di Excel: Manfaatkan Fungsi Index() dan Row() June 3, 2010

Posted by excelux in Tutorials, Tips & Tricks.
Tags: , , , , , ,
trackback

Teman-teman kemarin ada salah seorang teman yang punya masalah seperti gambar di bawah ini. Jadi dia punya list data seperti tabel yang ada di kiri, lalu dia pengin mendapatkan tabel seperti yang ada di kanan, yaitu sama seperti tabel yang ada di kiri, hanya saja untuk setiap kode dia perlu untuk mengulangnya beberapa kali (dalam contoh diulang 3 kali). Kalau datanya cuma 5 tentu tidak masalah tinggal dicopy2 manual juga bisa. Masalahnya itukan data saham yang jumlahnya ratusan (sekitar 400) jadi teman kita ini perlu rumus yang bisa otomatis menghasilkan tabel yang ada di kanan.

Sebenernya pertanyaan temen kita tadi sudah saya jawab, tapi biar seru gimana kalau tips ini kita jadiin kuissssss. Jadi mungkin ada rekan-rekan yang mau mencoba, bisa menshare caranya masing-masing. Jadi kita punya banyak solusi. Gimana setuju ndak….. Oke deh setuju…. Jadi jawabannya saya pending sampai Senin ya 7 Juni 2010. Sementara kalau ada yang ingin mencoba menshare bisa di kolom comment, nanti kita pilih yang paling keren dan paling inovatif …. Selamat mencoba….

Jawabannya adalah….

Nah karena udah senin, seperti janji saya kemarin saya tulis solusinya di sini. Rumus yang dipakai di E3 adalah:

=INDEX($B$3:$B$7,(ROW()-0)/3)

Penjelasannya begini, fungsi INDEX() itu untuk mengambil salah satu nilai pada suatu baris atau kolom dari suatu range tertentu. Pada rumus di atas berarti range yang akan kita ambil nilainya adalah range B3:B7 (data sumber) lalu yang kita ambil adalah baris ke (ROW()-0)/3. Angka 3 itu karena cells yang akan kita isi kan loncat tiga-tiga, kalau loncatnya lima-lima ya berarti /5. Angka 0 itu untuk penyesuaian, kalau misalnya kita mulai di E5 (bukan di E3) maka harus begini isinya (ROW()-2)/3 karena dari rumus itu kan kita pengin dapet angka 1, kalau di E5 kan ROW() menghasilkan angka 5 jadi biar bisa di bagi 3 ya kurangi dulu dengan 2. Kerena kebetulan itu cells pertama di E3 maka dikurangi 0 aja, kenapa tetep saya tampilkan ya buat pembelajaran aja.

trus rumus di E4 tinggal =E3, trus rumus E5 ya =E4 (atau kalau banyak tinggal copy yang di E4 itu). Nah lalu ini kan cuma dapet yang baris pertama aja tiga kali (ANTM), supaya bisa semua tinggal blok tiga cells tersebut (E3:E4) lalu blok ke bawah sebanyak 3 (berapa kali mau ditampilkan) kali 5 (sejumlah baris di tabel pertama) jadi blok 15 baris. Setelah itu tinggal dipaste. Langkah ini penting banget soalnya kalau yang di blok hanya 14 baris ke bawah atau kelebihan 16 baris (bukan kelipatan 3) ke bawah maka akan gagal.

Di atas adalah cara yang saya pakai, kelihatannya langkah-langkahnya banyak ya, tapi buat saya lebih cepet soalnya rumus di E3nya lebih simple. Tapi ada juga lho cara yang langkahnya lebih gampang tinggal sekali tulis rumus di E3 alalu copy aja ke bawah, tapi ya rumusnya lebih rumit. Begini nih rumusnya:

=INDEX($B$3:$B$7,ROUNDDOWN((ROW()-0)/3,0))

Penjelasannya sama dengan di atas, cuma biar ga perlu langkah ribet kita bikin ROUNDDOWN() jadi biar di E3, E4, maupun E5 fungsi (ROW()-0)/3 akan sama-sama menghasilkan angka 1. Dengan begini tidak perlu repot-repot kaya langkah di atas cukup copy cell E3 yang ada rumusnya tadi lalu copy ke bawah secukupnya. Kalau begini ga harus tepat di blok 15 baris ke bawah, kalaupun salah tinggal menghapus atau menambah.

Eh ternyata setelah percobaan-percobaan, rumus INDEX() itu sudah otomatis kalau angka yang dimasukkan pecahan akan membulatkan ke bawah jadilah rumus di atas cukup ditulis:

=INDEX($B$3:$B$7,(ROW()-0)/3)

Ternyata rumus dan langkahnya malah lebih mudah ya dari yang alternatif pertama. He…he… namanya juga sama-sama belajar. Semoga bermanfaat.

Comments»

1. Masz Pay - February 9, 2012

gan ane punya masalah nih, ane kan kerja di bagian akonting, dan data yang sering ane pake jurnal dengan beberapa akun, nah begitu ane mau membuat buku besar wah kerepotan kalo misal harus mengedit satu2 untuk mengelompokkan ke per akunnya.

yang ane mw tanya nih gemana cara buat rumus untuk menambah row secara otomatis tanpa kita harus menginsert dengan mengunci ke perjenis akun tersebut.

mohon pencerahannya gan, o ea mohon lg tutornya untuk dikirim ke email ane : rhay_whargh@yahoo.co.id

terimakasih sebelumnya

2. ayoksu - April 28, 2012

jos apik tenan

3. rifaie27 - May 2, 2012

assalam… permisi numpang nanya. kalau kebalikan dari banyak ke sedikit gimana caranya?

4. tettri - May 10, 2012

Halo salam kenal,

Saya ada pertanyaan untuk dua rumus terakhir. saya cobain kok gak berhasil.
untuk setiap pergantian nomer saya harus klik formula +enter baru hasilnya seperti gambar di kanan. kl gak saya klik formula+enter, formulanya gak langsung manjur. hasilnya cuma ANTM semuanya.

Mohon informasinya kenapa bisa begitu.

Thanks

5. ainur - January 18, 2013

Dear Gan,
Bagaimana formulasi untuk menampilkan data kebalikannya.

Mohon dibantu ya, saya ada project untuk hal ini.

Thanks

6. arisca.prata,a.25@gmail.com - November 27, 2013

Selamat pagi, saya nanda saya bekerja sebagai admin menginput banyak data dari beberapa div yg saling berhubungan. Masalah saya, saya kurang mengerti dengan excel apalagi dengan rumus logika.
Saya mw minta tolong gmn cara membuat rumus supaya data2 yg berbeda div tpi saling berhubungan itu dapat terhbung dan mempermudah pekerjaan saya.
Mohon bantuannya sama seperti Masz Pay diatas mohon tutornya di kirim ke email saya.

terimakasih sebelumnya🙂

7. arisca.pratama.25@gmail.com - November 27, 2013

ralat email saya ygtadi salah ketik.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: