jump to navigation

Aplikasi Excel: Kontrol Pencatatan Usaha Jual Beli March 2, 2011

Posted by excelux in Aplikasi.
Tags: , , , , , , ,
trackback

Selamat Datang di Program Pengelolaan Persediaan Sederhana.

Di program ini anda dapat melakukan pencatatan pembelian, penjualan, dan dapat melihat rekap terkini jumlah persediaan, penjualan yang sudah dilakukan, COGS dan laba kotornya. Dengan demikian akan memudahkan mengontrol transaksi pembelian, penjualan dan persediaan.

Yang perlu diisi dalam program ini hanya cells yang berwarna kuning dan orange. Cells yang lain sudah berupa rumus. Jangan lupa gunakan Auto Filter yang sudah tersedia untuk memudahkan pengontrolan.

Dalam program ini jumlah item yang kami sediakan sampai maksimal 100 item dan transaksi pembelian dan penjualan sampai 1.000 transaksi. Anda bisa memodifikasi sendiri jika menginginkan lebih dari jumlah tersebut. Password dari proteksi di program ini adalah “excelux”.

Untuk penggunaan pertama kali hapus semua cells yang berwarna kuning dan orange. Lalu masukkan list nama item ke Kontrol Persediaan. Untuk memasukkan jumlah persediaan yang sekarang sudah ada masukkan di Pembelian jumlah persediaan yang ada dan harga belinya.

Semoga Bermanfaat,

Januari 2011,

ttd

Rizky Luxianto

Link downloadnya:

http://www.mediafire.com/file/o3ult49waw6h38l/Kontrol%20Jual%20Beli.xls

http://www.ziddu.com/download/14016056/KontrolJualBeli.xls.html

Comments»

1. agus - March 2, 2011

Bagus sekali mas LUX…

ternyata excel itu sangat banyak fitur2nya.🙂
Izin download ya mas

Saya mau nanya nih? boleh gak?
1. Gimana ya, biar bisa protect sheet2nya pada cel2 tertentu, sedangkan cel lainnya bisa di edit
kedua:
2. gimana caranya hanya nampilin “display form” saja, tanpa ada tampilan sheet (mis: sheet1, sheet2, dll) seperti lazimnya tampilan excel default? sedangkan dalam form nya mas itu kelihatan profesional bgt dengan hide semua “sheet-sheet” dan hanya menampilkan displaynya saja.

3. Terima kasih telah sharing ilmunya🙂

Saya akan menjadi pengunjung setia blognya mas LUX

excelux - March 2, 2011

Terima kasih sudah mampir. Pertanyaannya coba saya jawab satu-satu:

1. Protect cell tertentu sementara yang lain bisa diedit:
Blok cell yang ingin bisa di edit lalu klik kanan pilih Format Cell. Setelah muncul jendela format cells pilih protection (yang paling kanan). Disana ada locked dan hidden, defaultnya bagian locked sudah tercentang nah bapak hilangkan centang tersebut (Jadi sebenarnya defaultnya semua cell statusnya terproteksi tapi proteksinya belum diaktifkan). Langkah terakhir adalah mengaktifkan proteksinya dengan memilih Tool – Protection – Protect Sheet.

2. Hide tampilan sheet1:
Caranya ke Tool – Option di bagian View hilangkan centang yang ada di Sheet tabs.

3. Sama-sama, semoga bermanfaat.

2. agus - March 2, 2011

Terima kasih Banyak Mas🙂

Sudah dipraktekkan dan hasilnya memuaskan….🙂
NB:
untuk 2007 teryata caranya
Office button -> Excel Option -> Advanced -> Tarik Mistar Vertikal Ke bawah -> display option for this workbook

(caranya saya coba2 sendiri untuk yang 2007)
hehe

Terima Kasih

3. ADN - January 23, 2012

Salam kenal mas Lux

Salut mas, posting2nya sangat bermanfaat
Mas, mohon bimbingannya cara buat aplikasi keren di atas:
1. Gimana cara tampilkan jumlah baris pada tabel agar kelihatannya sedikit, tapi nantinya bisa otomatis nambah jika datanya banyak dan tetep tau saldo akhirnya
2. Gimana cara tampilkan halaman yang beda-beda saat menu di klik
TERIMAKASIH banget banget mas

4. umichan - January 30, 2012

bin hpemu bin!!!!!! ada kesalahan serius niy… pleaseeeeee

5. windi - February 22, 2012

terima kasih atas excel nya mas… bermanfaat bgt.
oy maw tanya klu maw nambahin jmlh item dan jumlah transaksi gmn ya?? mohon pencerahannya..

6. Septri Widiono - February 26, 2012

Salam kenal
Sangat memuaskan aplikasinya sobat….. Rencana saya gunakan dalam usaha kecil2an. Ada satu pertanyaan, bagaimana memodifikasi agar dapat dimunculkan pembelian non-cash alias hutang sehingga dapat dihitung otomatis laba bersih dan piutangnya? Atas jawabannya, makasih banyak.

7. fey - March 16, 2012

assalamualaikum,
pak saya kagum dngn worksheet yg bapak buat,,sudilah kiranya bapak berbagi ilmu (tutorial) cara membuatnya karna saya ingin menerapkannya pada data saya ?
nb : saya menggunakan excel 2007, n saya msh newbie dgn excel

mohon tanggapannya,
terimaksih

8. yudhi - December 26, 2012

gimana cara nambahin kolom pembelian, penjualan dan persediaan ya..😉

9. shin - December 29, 2012

Mas Lux, klo misalnya saya ingin menampilkan total persedian perbulan gimana ya mas? mohon bimbingannya, terima kasih.

10. alfan - February 13, 2013

Terima Kasih Banyak Mas Rizky atas softwarenya, sangat membantu buat saya yang sedang belajar excel.
hanya saja saya masih bingung, saya mencoba membuat file baru dengan formula yang ada di software milik mas Rizky tapi tidak bisa ya mas, mohon pencerahannya.

terima kasih.

alfan

11. AGUS - February 14, 2013

Mas execluc bisa bantu saya untuk membuatkan program untuk usaha londre ya.
tolong di PM ke email ini ya dk4603s@yahoo.com

12. Amin - May 5, 2013

Bagus sekali. Trims.

Btw, bagaimana caranya menambahkan row secara otomatis ketika menambahkan data Penjualan/Pembelian?

13. Rudi - June 1, 2013

izin sedot ya mas moga berkah terima kasih

14. bobby - July 26, 2013

ikut download bos.. ibu ane minta dibikinin app itu..ehhehehe


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: