jump to navigation

Program Macro Excel Untuk Merubah Huruf Menjadi Huruf Kapital (Bisa Juga Huruf Kecil dan Huruf Besar di Awal Kata) March 16, 2010

Posted by Admin in Aplikasi.
Tags: , , , , , ,
trackback

Temans program macro excel kali ini untuk membuat huruf yang ada menjadi huruf KAPITAL (disediakan juga untuk format huruf kecil dan huruf kapital di awal kata). Kenapa dibuat program ini? Karena kalau di word sudah disediakan fungsi Shift + F3 tapi kalau di excel fungsi ini tidak ada, padahal cukup sering juga kita pakai. Nah dengan program ini maka anda bisa melakukan fungsi tersebut dengan sekali klik. Gimana caranya… Baca terus postingan ini ya….

Ada dua fungsi yang ditawarkan yaitu mengubah huruf KAPITAL (atau huruf kecil atau huruf kapital di awal kata) hanya pada cells yang di blok atau pada semua cells dalam sheets. (Kalau untuk semua sheets dalam satu worksheet belum ada, karena manfaatnya kayanya jarang deh yang mau begitu, kalau ada yang perlu hubungi aja).

Untuk menggunakan program ini yang harus temans lakukan adalah:

  • Download program saya di link di bawah ini.
  • Buka file excel tersebut. Cukup temans buka saja menemani file anda sendiri. Lalu kembali ke file temans sendiri.
  • Blok data yang ingin temans jadikan huruf kapital (atau kecil atau kapital di awal kata), jika yang ingin dijadikan huruf kapital adalah semua yang ada di sheet maka jangan memblok apapun.
  • Klik Ctrl + Shift + K untuk membuat huruf menjadi huruf kapital.
  • Klik Ctrl + Shift + L untuk membuat huruf menjadi huruf kecil.
  • Klik Ctrl + Shift + M untuk membuat huruf menjadi huruf kapital hanya di awal kata.

Nah ini download linknya (sorry kemarin-kemarin lupa, pantes koq ga ada yang download ya). Jadi saya sediakan 2 link, link yang ga repot (mediafire.com) dan link yang sedikit repot (ziddu.com, jika teman-teman berkenan supaya saya bisa dapet sedikit $$$, he… he…). Tapi bukan paksaan lho teman-teman bisa pilih link yang mana aja:

http://www.mediafire.com/file/jjyzemgavmd/Huruf_Kapital.xls

http://www.ziddu.com/download/11021285/Huruf_Kapital.xls.html

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat. Terimakasih kepada excelans.wordpress.com atas dasar kode pemrogamannya. Untuk kode lengkapnya di file ini tidak dikunci koq, bisa temans lihat di Visual Basic Editor.

Oh iya kalau ingin merubah satu atau dua cells saja menggunakan fungsi yang ada di excel, temans bisa menggunakan fungsi-fungsi di bawah ini:

  • =upper(teks_yang_diubah) untuk menjadikan teks menjadi huruf besar
  • =lower(teks_yang_diubah) untuk menjadikan teks menjadi huruf kecil
  • =proper(teks_yang_diubah) untuk menjadikan teks menjadi huruf besar di awal kata

Recommended Posts
Gunakan Conditional Formatting dan Validation Untuk Mempercantik Form Isian Excel Anda
Program Macro Untuk Memisah Data Satu Kolom di Excel Menjadi Beberapa Kolom
Ayo Buat Sendiri Shortcut Keyboard Excel-Mu Sendiri
Perindah Grafik Excelmu: Yuk Masukin Gambar ke Grafik…
Download E-book Excel Berisi Tutorials, Tips, and Tricks Keren

Comments»

1. andi - April 19, 2010

terima kasih. info yang sangat bermanfaat

excelux - April 19, 2010

Sama-sama pak.

2. renee - July 1, 2010

makasi ya teman.. 🙂

excelux - July 1, 2010

Sama-sama semoga bermanfaat.

3. nic - July 6, 2010

ko link yg gw download gda apa-apa’y ya

excelux - July 6, 2010

Iya nih saya cobain juga bolak-balik terus ga selesai-selesai processingnya. Nanti dicoba lagi saja pak, mungkin sedang sibuk server sananya. Kalau itu server udah bener nanti muncul download linknya tinggal klik aja. Atau ini saya kirimkan filenya lewat email.

4. Arkha - July 26, 2010

Hoax nehh… kaga bisa !!!

excelux - July 27, 2010

Sabar gan, coba lagi ntar, emang mediafire kadang begituh. Apa nte udah download tapi ga bisa dirun? Kalau begitu berarti setting security nte masih high. Ganti ke medium atau low nte save lalu buka lagi. Keterangan lengkap soal security bisa nte lihat di bagian download, atau kalau ga salah di post ini juga udah ada di keterangan yang di bawah.

5. Iya' - July 28, 2010

wah mantab ki.Nuhun Pisan

excelux - July 30, 2010

Sama-sama mba, makasih udah sempat berkunjung.

6. Wie - December 15, 2010

Hihihiii…
Copy aja dulu ke word tinggal shift+F3 copy lagi ke excel.. Gampang kan 🙂

excelux - December 23, 2010

Betul banget. Dulu juga begitu. Tapi kalau satu sheet isinya banyak terus ada yang pakai formula jadi agak susah, pas dicopy ke word formulanya kan jadi angka he… he…

7. reno - January 15, 2011

keren… saya aja gak kepikir sampai kesitu…. jempol untuk mas excelux

excelux - January 16, 2011

Makasih udah mampir.

8. Yanto - February 10, 2011

tq exel

9. GT Man - February 11, 2011

Arrrghhhh
Penipuan besar ini
**** !!
Masa di coba tak bisa- bisa

excelux - February 13, 2011

Dilihat petunjuknya dulu mas, pelan-pelan. Yang lain bisa koq. Jangan lupa security macronya di set ke low atau medium. Atau kalau di excel 2007 di enable kan.

10. GUNAONE - February 23, 2011

****** luh, BOOOOOHOOOOONG……….barang siapa yang memberikan ilmu den gan keliru maka ia akan mati dengan cepat besok atau lusa. WASPADALAH………

excelux - March 2, 2011

Comment ini saya loloskan dengan sedikit sensor untuk bahan pelajaran saja. Please, jangan seperti orang ini, sepintar apapun kita, tanpa moral yang baik, mau jadi apa kita. Seperti yang anda lihat, komen di atas, memberi manfaat tidak, karena saya jadi tidak tahu apa masalahnya, dia kesel sendiri, juga malah bikin dosa maki-maki orang. Ok… Have a nice day.

11. sfuel - February 28, 2011

untuk excel 2007 bisa tepake gak,, saya sudah coba tapi tak bisa,, makasaih

excelux - March 2, 2011

Saya punya Excel 2003 dan 2007 di komputer dicoba dua-duanya bisa. Tapi memang Excel 2007 saya kurang terlalu suka untuk programmingnya, suka ga jalan kalau di pakai di komputer lain. Mungkin bisa diinfokan tidak bisanya bagaimana, ada respon apa di komputernya pak? Apakah securitynya sudah di enable macronya?

12. TOKO ONLINE BARU - March 10, 2011

Kalau aq pki cra copas, dari excel ku copas ke word trus tkan perintah misal:Ctrl+Shift+K abis ntu ku copas lagi ke excel, bisa juga koq. Thanks 4 share….!! 😀

excelux - March 10, 2011

Betul sekali, cara tersebut juga efektif. Cuma akan agak repot kalau di sheet tersebut ada rumus, karena ketika dicopy ke word yang keluar hasil dari rumusnya, nanti pas dicopy lagi ke excel jadi kehapus kan rumusnya.

13. andre - April 7, 2011

thanks mas exelux infonya, membantu perkerjaan saya

excelux - April 7, 2011

Terima kasih juga sudah mampir. Alhamdulillah senang kalau bisa bermanfaat.

14. fenyot - April 12, 2011
15. usro - April 14, 2011

makasi ya semoga jadi amal jariah

excelux - April 15, 2011

Amin, insyaallah.

16. deox - April 18, 2011

viruzzzzzzzzzzzzzzzzzz

excelux - April 19, 2011

He…he… bukan virus atuh, mungkin setting di excelnya securitynya medium jadi setiap ada program didalamnya pasti ditanya mau dibuka ga takutnya ini virus, gitu…. Bukan berarti ini virussssssss. He…he…

17. blacksasak - April 24, 2011

thanks, gan bener2 berguna banget ilmunya..maju terus

18. Fera - April 29, 2011

security macro nya dimana?

excelux - May 9, 2011

Kalau di excel 2003 di Tools – Macro – Security Setting. Kalau di excel 2007 biasanya pas buka file yang ada macronya di kiri atas ada peringatan, pilih enable. Kalau tidak muncul peringatannya bisa klik di gambar office lalu pilih excel option, lalu pilih trust center pilih trust center setting. Lalu pilih macro setting lalu enable dan centang trust….

19. kidnap - May 4, 2011

bener-bener sangat membantu :beer:

excelux - May 9, 2011

Terima kasih udah mampir.

20. ferdy - May 11, 2011

kok tettap ngak bisa. padahal sudah kucoba semua cara yg di coment. tolong di coment disertai contoh print out. atau tolong di kirim ke email saya. saya mohon bantuannya. karena ketika saya tekan ctrl+shift+M pasti erorr

21. yanyan - June 2, 2011

bisaaaaa di ziddu

22. dhanny - June 20, 2011

gan,.ane mau tanya,. semisalnya ada beberapa paragraph,.dan dietiap paragraph terdapat beberapa kata “Dan”,.tapi ternyata kita mau merubah semua kata tersebut menjadi “Atau”..kalo dibaca satu-satu kan repot,.ada solusinya ga..

excelux - June 27, 2011

Pakai replace aja Ctrl+H lalu katanya jangan dan aja ntar banyak lain-lain yang kena tapi ” dan ” jadi kasih spasi depan dan belakangnya, lalu diganti dengan ” atau ” sama dikasih spasi juga.

leax - June 30, 2011

uda tak download…file xls kan…hbs tu cm muncul text doank//////
gak pkek d apa2in ta ne…d instal gak yow

excelux - July 5, 2011

Isinya emang text doang petunjuk gimana pakainya. Jangan lupa macronya di enable atau macro security di set medium atau low.

23. Mas Risto - August 10, 2011

Untuk pemula atau yang belum berhasil di program ini memang menjengkelkan.makanya ada yang ngatain pembohong besar.soalnya setelah di download sampai sukses walaupun cuma lima detik tapi hasil downloadnya di buka bolak balik sampai ubanan memang yang ada hanya tulisan penjelasan seperti di atas.itu artinya keterangan untuk menggunakannya masih sangat belum dipahami oleh pemula atau orang yang belum juga berhasil.maaf nih untuk yang punya blog ini sedikit saya tambahin cara penggunaannya.ketika anda membuka file exel hasil download dan juga exel punya sendiri anda bukannya langsung klik ctrl+shif terus L atau M,tapi seperti yang saya punya exel 2010 klik dulu di view adanya paling kanan dan arahkan cursornya ke tulisan macros dan klik ditengahnya persis akan muncul pilihan huruf kapital yang tadi sudah dibuka,atau klik di tanda panahnya di bawah tulisan macros disitu akan muncul pilihan dan klik di view macros,setelah muncul ada tulisan huruf kapital atau kecil atau proper(besar kecil)dan klik di run.naaaah disitulah 100 persen pasti sukses.jadi ngga dikatain penipuan atau pembohong besar lagi.maaf nih untuk yang punya blog ini,semoga bermanfaat bagi yang bolak balik nyoba sampai budek tapi belum berhasil.terima kasih

24. Risto - August 10, 2011

Untuk pemula atau yang belum berhasil di program ini memang menjengkelkan.makanya ada yang ngatain pembohong besar.soalnya setelah di download sampai sukses walaupun cuma lima detik tapi hasil downloadnya di buka bolak balik sampai ubanan memang yang ada hanya tulisan penjelasan seperti di atas.itu artinya keterangan untuk menggunakannya masih sangat belum dipahami oleh pemula atau orang yang belum juga berhasil.maaf nih untuk yang punya blog ini sedikit saya tambahin cara penggunaannya.ketika anda membuka file exel hasil download dan juga exel punya sendiri anda bukannya langsung klik ctrl+shif terus L atau M,tapi seperti yang saya punya exel 2010 klik dulu di view adanya paling kanan dan arahkan cursornya ke tulisan macros dan klik ditengahnya persis akan muncul pilihan huruf kapital yang tadi sudah dibuka,atau klik di tanda panahnya di bawah tulisan macros disitu akan muncul pilihan dan klik di view macros,setelah muncul ada tulisan huruf kapital atau kecil atau proper(besar kecil)dan klik di run.naaaah disitulah 100 persen pasti sukses.jadi ngga dikatain penipuan atau pembohong besar lagi.maaf nih untuk yang punya blog ini,semoga bermanfaat bagi yang bolak balik nyoba sampai budek tapi belum berhasil.terima kasih

25. withakyu - January 17, 2012

terima kasih ^^

26. Khoiruddin - January 30, 2012

Kerennn… makasih broo….
Sangat membantu nih dataku yang ribuan, hehhe 😉

27. alanisdelon - March 22, 2012

bisa tuh, aku sekali coba langsung sukses, makasih banyak mas EXCELUX, anda memang bener-bener EXCELLENT! teruskan posting tips excell-nya ya… 🙂

28. didik - March 26, 2012

udh tak coba sesuai setting n panduanny kq ttp g bs y bro??

29. pasamanbarat - March 29, 2012

Arigatou gozaimashita…
sangat bermanfaat terima kasih banyak!
tapi gimana ya caranya supaya di instal, jadi kita ga perlu buka2 lagi file downlod-annya! thanks ya!

30. beta - May 12, 2012

thx ya broo atas macro nyaa… hehehe…

31. loedinnataludin - May 25, 2012

sudah saya praktekkan di office 2010… berhasil mas… 100% berhasil asal mengikuti proses yang disebutkan pada jawaban no 17. FERA dan mengikuti arahan pada file yang sudah didownload… trims…

32. ayiebgndi teh ayie - July 14, 2012

bagi agan-agan yang sudah jadi masternya EXCEL, tolongin sya dong !
sudah hampir dua bulan nyari contoh klasemen perolehan medali ga nemu !
klo ada yang punya please mohon dengan sangat bantuannya !

contoh file yang sudah sya buat ada di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/file/n5710780/KLASEMEN_PEROLEHAN_MEDALI.xlsx

tapi masih manual pengennya yang otomatis tersusun peringkatnya bila ada data baru yang masuk !

33. acoshira - September 5, 2012

terima kasih banyak…semoga ilmu yang anda bagikan berbuah keberkahan untuk anda sekeluarga amiiin

34. amir mahmud - October 25, 2012

trima kasih atas ilmunya semoga alloh meridoinya amiin

35. HADES - December 30, 2012
36. Reeyu - June 5, 2013

berarti harus dibuka trus file dr agan ini y setiap mw ngrubah hurufnya, g bs lgsg drubah dari excel bawaan sndiri gitu?

37. skama - September 11, 2013

Thanks gan makronya..cuma ane mo tambahin saran, ente buat juga dong yang hanya huruf depan yang besar, bukan awal huruf besar di setiap kata, gunakan fungsi LEN dan lain2nya..


Leave a comment